Toyota Hi Ace Dominasi Pasar Commercial Van

truk toyota dyna  "Jakarta - Toyota Hi Ace mendominasi pasar Indonesia pada segmen commercial van dengan menguasai96%pangsa pasar setelah terjual 146 unit pada Februari 2013.
"Kami bersyukur Hi Ace diterima dengan baik mampu mendominasi di segmencommercial van, dan hal ini mendorong kami untuk melanjutkan inovasi serta memberikan yang terbaik bagi konsumen," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto, Selasa (19/3).
Menurut Joko, keberhasilan tersebut diraih karena Hi Ace khusus didesain sebagai kendaraan penumpang, sehingga faktor kenyamanan, keselamatan, dan kemewahan, menjadi bagian integral dari kendaraan tersebut.
Meskipun baru diluncurkan pada September 2012, Toyota Hi Ace sudah membukukan total penjualan 710 unit, dan dalam waktu dua bulan pertama di 2013, Toyota Hi Ace mencatatkan penjualan 150 unit dengan pangsa pasar 86%..
Joko mengatakan, kehadiran Hi Ace merupakan respon kebutuhan pelanggan akan sarana transportasi yang nyaman dan mewah, serta menjawab kebutuhan pasar kendaraan yang berkembang, terutama untuk kebutuhan para pelaku usaha di bidang travel, pariwisata, rental maupun commuter bisnis.
Untuk dapur pacu, Hi Ace mengandalkan mesin diesel 2KD-FTV Direct 4-stroke Turbo Common Rail Diesel dengan kapasitas 2,5 liter yang diklaim andal dan ekonomis.
Sementara itu, secara keseluruhan Toyota membukukan total penjualan 35.318 unit pada Februari 2013 dan pencapaian bulan Februari tersebut merupakan kontribusi jajaran produk di segmen sedan, compact car, MPV, SUV, 4x4, maupun kendaraan komersial.
Di segmen sedan, melalui jajaran produk Vios, Limo, Corolla, Camry dan Toyota 86, Toyota membukukan total penjualan 995 unit atau dengan pangsa pasar sekitar 34,7% pada Februari 2013.
Untuk segmen compact car, Toyota yang salah satu lini produk andalannya Toyota Yaris, membukukan total penjualan 1.843 unit pada Februari 2013 atau tumbuh 20,5% dibandingkan dengan Januari 2013 sebesar 1.529 unit.
Di periode yang sama, Toyota mampu mempertahankan dominasinya di segmen MPV dengan menguasai pangsa pasar sebesar 50,3%, Toyota Avanza dan Kijang Innova menjadi kontributor terbesar dengan penjualan masing-masing 16.760 unit dan 6.435 unit.
Di kelas SUV dengan produk Rush dan Fortuner, Toyota mencatatkan total penjualan 4.399 unit, dan berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 37,3% di segmen tersebut.
Sementara di segmen kendaraan berpenggerak empat roda (4WD) melalui produk Fortuner 4x4, Landcruiser, dan FJ Cruiser, Toyota menguasai 36,8% market shares.
Sedangkan di segmen pikap yang dimotori Hilux, Toyota meraih pangsa pasar 9,4%. Adapun di segmen kendaraan dua ton melalui Dyna, Toyota mampu meraih pangsa pasar 23,1%. [ikh]

0 komentar: